Tentang Cah Bagus

Cah Bagus, yang kemudian lebih dikenal sebagai Gus Mendem atau GM, adalah seorang pemerhati Kristianologi - istilah tidak populer di kalangan umat kristen sendiri - yang tertarik pada kajian bibliologi, Misiologi, dan Apologetika Kristen, khususnya yang berhubungan dengan misi penginjilan para misionaris Kristen dan pendukungnya ke tengah-tengah komunitas Islam. 




Diawali dari blog ini, sejak awal 2010 rajin mengumpulkan berbagai tulisan dan referensi dari sumber-sumber kredibel seputar topik-topik di atas dan seiring dengan perjalanan waktu, secara parsial mengarsipkan sebagian besar di antaranya pada beberapa web-blog turunan blog ini yang fokus pada isu-isu seputar apologetika dan studi komperatif Kristen-Islam.  

Berbagai materi bacaan tsb sengaja dihimpun untuk dibagikan, khususnya kepada kedua kelompok ini, agar masing-masing kelompok lebih mengerti tentang apa sesungguhnya yang kerap mereka pertentangkan dalam forum-forum debat lintas iman Islam-Kristen di media online. 

Blog-blog tsb kini dapat diakses melalui GM-Trilogi yang merupakan terminal dari semua blog dalam pemeliharaan GM dan GMDKK. Sedangkan sebagian dari topik-topik perdebatan Kristen-Islam populer yang secara berkala didiskusikan dengan para "followers"  yang menyebut diri mereka sebagai Cantrik GMDKK (Pengikut Gus Mendem & Kawan-Kawan), mereka arsipkan sendiri secara kolektif di Sekolah Minggu Gus Mendem & Kawan Kawan. 

Kendati oleh sementara kalangan tulisan atau publikasi Gus Mendem dianggap ofensif, bahkan adakalanya ekstrim, terutama yang secara khusus merespons berbagai bentuk publikasi berbau misi penginjilan (baca: pemurtadan), yang dilancarkan oleh para misionaris Kristen terhadap umat Islam di medsos -- khususnya di facebook & webblogs --  namun sesungguhnya Gus Mendem bukan musuh umat Krsiten. 

Apa yang disampaikannya adalah apa yang diyakininya sebagai kebenaran kitabiyah dalam konteks meluruskan publikasi plesetan tentang Islam dari kelompok-kelompok Kristen Militan demi kepentingan umat Islam dan umat Kristen sendiri yang murni berasal dari kitab suci Kristen tanpa rekayasa, apalagi pemelintiran ayat walau satu titikpun!

Ini adalah prinsip rata-rata apologis Muslim dalam menyampaikan kebenaran sesuai dengan apa yang diajarkan dalam Islam; bahwa berdusta demi kemuliaan Tuhan adalah perbuatan terkutuk! Prinsip inilah yang membedakan Muslim dengan rata-rata Misionaris Kristen dan semua kroninya yang meneladani ajaran Paulus dalam hal berdusta, termasuk melalui media sosial yang juga digunakan oleh Gus Mendem khusus untuk menunjukkan kebohongan mereka. 

Dengan demikian, jika ada di antara pemirsa Kristen -- terutama mereka yang tidak akrab dengan terma "kristenisasi -- menganggap blog ini berikut semua blog turunannya cenderung memusuhi mereka, atau lebih buruk lagi, menebarkan kebencian berbau SARA, maka anggapan itu sepenuhnya salah! 

Gus Mendem hanya merespons apa yang seharusnya tidak dilakukan oleh para Misionaris Kristen terhadap Islam dan umat Muslim Indonesia. 

Hanya sebatas itu.
Tidak lebih, tidak kurang!

Semoga bermanfaat!

Salam,
GM.